Press "Enter" to skip to content

Daftar Lokasi Favorit untuk Jogging di Jogja

Last updated on 28 September 2019

Di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat. Slogan tersebut sudah tidak asing bagi para pecinta olahraga. Kata-kata tersebut sudah melekat tanpa bisa terlupakan. Bahkan, untuk mereka yang sekadar malas olahraga pun meyakini petuah tersebut.

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, kita diwajibkan bisa mengatur pola hidup. Dimulai dari mengatur pola makan, hingga berolahraga. Kita terbiasa makan banyak, olahraga sedikit. Sekalinya olahraga, cuma jari-jari tangan yang senam menggunakan gawai (gadget).

Olahraga ada banyak. Tinggal pilih yang kalian minati. Ada yang suka menantang adrenalin, hingga olahraga otak dengan mengangkat badik atau menggeser kuda di papan catur. Ada pula yang olahraga mulut di media sosial dengan segala kesambatannya.

Sebagai salah satu mahluk dari Pluto yang sangat menjaga kesahatan, saya terbiasa olahraga di bumi. Maklum, pemandangan di Pluto membosankan. Tidak bervariasi seperti di Bumi. Khususnya lagi di Jogja.

Saya lebih sering naik sepeda, meski terkadang juga menggeluti olahraga lari dari bayar kosan. Jogging atau berlari menjadi salah satu olahraga yang terlihat murah namun pada dasarnya juga mahal.

Kalau saya sih tetap mengatakan bahwa jogging adalah olahraga yang murah. Cukup pakai kaus partai, kolor, serta tanpa menggunakan alas kaki. Kalaupun kudu menggunakan alas kaki. Sepatu futsal pun multifungsi. Bisa untuk jogging, main futsal, kuliah, serta buat nongkrong.

Di Jogja, saya memilih beberapa destinasi untuk olahraga. Semua lokasi ini tidak jauh dari tengah kota Jogja. Satu hal yang paling penting, olahraga jogging bukan hanya untuk kebugaran tubuh saja, tetapi bermanfaat bagi penyegaran mata.

Setelah melakukan survei di Planet Pluto, berikut lima tempat favorit untuk jogging di Jogja versi masyarakat Pluto. Mereka yang mengikuti jajak pendapat ini pernah tinggal di Jogja. Minimal mereka tahu sedikit tentang Jogja. Lebih khusus lagi pernah punya kenangan di setiap sudut kota Jogja.

Grha Sabha Pramana (GSP) UGM

Berlokasi tepat di Kampus Biru, GSP menjadi tempat favorit para kawula muda untuk olahraga. Bagaimana tidak, tiap sore hari ada banyak muda-mudi khususnya mahasiswa yang menyempatkan olahraga lari.

Trek jogging memang tidak panjang, tapi cukup asyik untuk dilewati para pegiat olahraga lari. Saya pernah beberapa kali jogging di sini. Sejujurnya, GSP menjadi salah satu tempat favorit saya berlari. Meski di lapangan tengah banyak kendaraan, tiap jalur juga diselingi motor atau mobil lewat, GSP tetap menyejukkan mata.

Biasanya di GSP saya hanya lari sebanyak empat putaran. Setelah itu tinggal duduk di tepian trotoar sambil melihat orang-orang yang jogging. Di sini pula saya berlari jauh dari kenangan seputaran GSP. Tubuh jadi bugar, pikiran malah ambyar!

Bagi kalian yang masih jomlo, sering-seringlah jogging di GSP. Siapa tahu nanti ketemu jodoh mahasiswa dari UGM atau UNY. Menyenangkan bukan? Tidak hanya olahraga, sekalian berdoa dapat jodoh di sini.

Wisdom Park UGM (Lembah UGM)

Sekiranya GSP terlalu luas untuk diputari, tenang saja. Saya masih ada tempat yang tidak terlalu luas dan senyap untuk jogging. Kalian tinggal mlipir ke Lembah UGM. Di sini kalian bisa jogging sampai sepuluh putaran jika kuat.

Disokong dengan suasana senyap, hanya suara para pemancing di sisi kolam, ditambah rimbunnya pepohonan, Lembah UGM sangat saya rekomendasikan bagi kalian yang takut dengan sinar matahari dan para pelari pemula.

Lembah UGM juga cocok bagi para pelari yang sedang sedih. Kalian bisa lari ngebut di sini sambil menangis. Lumayan kan air mata kalian dikira orang-orang yang lewat itu keringat. Nilai plusnya lagi, tempatnya jauh dari keramaian.

Embung Tambakboyo

Berlokasi di Condongcatur, Embung Tambakboyo ini menjadi tempat jogging yang cukup panjang. Selain berfungsi sebagai tempat olahraga, di sini juga banyak orang yang memancing ataupun berpacaran. Pokoknya tempat yang paling komplit untuk melakukan berbagai aktivitas.

JIka kalian pecinta binatang dan ingin jogging? Maka Embung Tambak Boyo adalah tempat yang paling tepat. Banyak pengunjung yang suka jogging sembari membawa hewan peliharaannya; lebih khususnya sih Anjing. Berbagai jenis anjing bisa dilihat. Sekilas malah seperti kontes binatang peliharaan.

Waktu yang tepat untuk jogging di Tambakboyo terbagi menjadi dua. Jika kalian fokus olahraga, lebih baik datang ke sini pada pagi hari. Dijamin agak sepi dan enak buat olahraga. Kalau tujuannya tidak jelas, mending sore hari. Lari satu putaran, istirahatnya satu jam.

Grha Pradita Jogja Expo Center

Jangan protes dulu, kok tiga teratas banyak di utara. Ini yang sekitaran Kotagede, Gedongkuning, Blok O dan daerah selatan lainnya. Tempat jogging paling strategis itu di JEC. Lahan JEC cukup luas dan asyik untuk berolahraga, khususnya jogging.

Rentang usia masyarakat yang jogging di sini beragam. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga orangtua. Ada juga anak-anak kecil yang menjadikan tempat ini untuk bermain sepakbola. Trk jogging-nya juga lumayan luas, jadi bisalah lima smapai tujuh putaran di sini.

Enaknya lagi di JEC itu selepas jogging, kalian bisa kembali menimbun lemak di angkringan. Atau menikmati es kelapa muda yang ada di dekat beringin tak jauh dari JEC. Duh, ngomongin jogging malah topiknya melebar jauh sampai kulineran.

Alun-Alun Selatan (Alkid [kidul])

Kalian yang rumahnya di tengah kota tenang saja, ada kok tempat asyik untuk jogging. Alun-alun Selatan (Alkid) menjadi tempat yang paling tepat. Tempat ini tidak hanya digandrungi untuk jogging, tapi juga sebgaia destinasi wisata.

Tiap sore atau pagi hari, mereka yang olahraga harus berbagi jalur dengan tikar lapak jualan, muda-mudi yang pacaran, atau para wisatawan yang antre jalan menutup mata di antara dua beringin. Kalau malam hari, jogging di sini saingan sama becak gowes.

Waktu yang paling tepat jogging di alun-alun selatan adalah pagi hari. Rata-rata tiap akhir pekan banyak yang jogging di sini. Kalau tidak percaya, besok pas akhir pekan kalian ke sini pukul 07.00 WIB. Pasti ada yang jogging. Percayalah!

Sepanjang Ringroad Jogja

Bagi kalian yang merasa daftar tempat jogging di atas sudah terlalu mainstream, kurang jauh, dan tidak menantang. Saya anjurkan untuk mengelilingi jalur Jalur Lingkar (Ring Road) Jogja. Dijamin jalurnya jauh, penuh tantangan, dan menyenangkan. Kalau tidak percaya, silakan dicoba sendiri!

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan