Press "Enter" to skip to content

Enam Tips Liburan ala Pekerja Kantoran

Last updated on 1 Maret 2019

Liburan menjadi aktivitas yang harus dijadwalkan bagi pekerja kantoran. Rutinitas bekerja tiap hari terkadang membuat seseorang merasa bosan. Agar kembali semangat bekerja, pegawai kantoran biasanya menyempatkan waktu untuk berlibur.

Masalahnya, menyelipkan waktu khusus untuk berlibur bukanlah hal yang mudah. Ada yang bekerja lima hari, bahkan tidak sedikit enam hari dalam seminggu. Dilema rasanya, ketika para pekerja kantoran sudah mulai ada tabungan, nanum tidak ada waktu untuk plesiran.

Agar para pekerja bisa membagi waktu bekerja dan plesiran dengan baik, berikut tips yang bisa kamu terapkan untuk berlibur.

Manfaatkan Waktu Akhir Pekan

Hari libur tiap akhir pekan bisa kamu manfaatkan jika mulai jenuh di kantor. Kamu bisa jalan-jalan ke kota lain yang terdekat, atau mengunjungi destinasi yang tidak jauh dari tempat tinggalmu. Kamu juga bisa bermain ke pantai, bersepeda keliling desa, menjajal kuliner, maupun belanja.

Meski hanya satu atau dua hari berlibur, pastinya semangat menyambut awal pekan depan jauh lebih bersemangat dibanding pekan sebelumnya. Agendakan dalam satu bulan, minimal kamu liburan satu kali. Tinggal kamu pandai-pandai menentukan biaya dan destinasinya.

Liburan saat Long Weekend

Tidak sedikit pekerja kantoran memanfaatkan momen libur panjang untuk berwisata. Kurun waktu satu tahun, biasanya sudah tersemat hari-hari tertentu yang libur tepat di akhir pekan maupun awal bulan. Kamu bisa menentukan waktu yang tepat untuk berlibur.

Liburan saat long weekend paling disukai pekerja kantoran meski harus mengeluarkan biaya yang lebih banyak, tidak sedikit harus cepat-cepat berburu tiket. Selain itu, di destinasi yang dituju biasanya terjadi lonjakan wisatawannya. Tidak masalah sebenarnya, toh tidak tiap bulan kamu bisa berlibur.

Ikut Familiarization Trip Kantor tiap Tahun

Setiap tahun biasanya kantor mengagendakan familiarization trip atau yang biasa disingkat famtrip bareng karyawan. Meski tidak rutin tiap tahun, minimal ada waktu untuk liburan bersama-sama. Kamu bisa ikut serta dalam famtrip tersebut. Toh biaya transportasi dan akomodasi sudah ditanggung instansi.

Famtrip dari instansi seringnya menggunakan biro travel. Kamu hanya cukup mengikuti itinerary yang sudah diberikan pihak biro travel. Walau kadang jadwal yang dicantumkan padat, setidaknya kamu harus tetap menikmati liburan tersebut. Intinya liburan bareng teman sekantor itu niatnya untuk lebih kompak lagi saat bekerja.

Mencuri Waktu kala Dinas Luar Kota

Kamu pernah mendapatkan dinas kerja di luar kota? Luar pulau? Atau malah luar Negeri? Manfaatkan waktu senggang selama di sana untuk berlibur. Dinas luar kota biasanya tidak lebih dari enam jam. Jika kamu bisa mengatur waktu, tentunya bisa dimanfaatkan untuk mengunjungi destinasi-destinasi wisata terdekat.

Lebih baik lagi jika sebelum berangkat ke kota lain, kamu sudah mencari-cari informasi berkaitan dengan destinasi kota tersebut. Lalu dipetakan sesuai jarak dan transportasi yang nantinya digunakan. Percayalah, dinas luar kota itu adalah waktu terbaik untuk liburan ala pekerja kantoran.

Mengambil Hak Cuti untuk Berlibur

Sebagai karyawan yang kerjanya fulltime, kamu mempunyai hak untuk mengambil cuti. Tiap instansi peraturannya berbeda-beda. Ada yang cuti hanya bisa diambil maksimal tiga hari, atau ada yang bisa diambil langsung 12 hari dalam sekali pengajuan.

Misalnya kamu sudah menentukan rencana untuk liburan ke Luar Negeri atau keliling beberapa pulau di Indonesia, kamu bisa memanfaatkan cuti tersebut. Liburan dengan mengambil hak cuti biasanya membuat kita makin santai saat plesiran. Tidak melulu dihantui pekerjaan kantor. Pastinya kamu bisa sepuasnya mengunjungi destinasi wisata, mengunggah foto di media sosial tanpa takut diketahui pimpinan.

Liburan Digital ala Google Earth

Opsi ini hanya untuk kamu yang memang sama sekali tidak ada waktu. Liburan satu ini tidak butuh biaya yang khusus. Kamu bisa melakukannya sepanjang waktu, selama di depanmu ada laptop maupun gawai. Tinggal buka perambah, ketik “Google Earth”, dan tentukan destinasi yang dituju.

Mungkin berselancar menggunakan Google Earth ini bagian dari liburan ala-ala digital. Kan selama ini di media sosial, khususnya Twitter banyak tagar bertuliskan destinasi digital. Bisa jadi plesirannya lewat Google Earth.

Dari rangkaian tips di atas, kamu sudah bisa merencanakan mau liburan seperti apa? Menunggu akhir pekan, libur panjang, atau mengambil cuti kerja? Selamat berlibur pegawai kantoran. Lupakan sejenak deadline ataupun pekerjaan yang menumpuk di atas meja.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan