Press "Enter" to skip to content

Makan di Jogja dengan Harga Kurang dari 10 Ribuan

Bokek seusai lebaran, sementara gajian masih lama banget?

Kejadian seperti ini seringkali terjadi. THR dan gaji bulan lalu terasa amblas tak bersisa. Tidak jarang pengeluaran saat lebaran membengkak jauh dari rencana anggaran. Akibatnya saat kembali ke realita, baru sadar kalau isi rekening sama dengan isi toples nastar usai lebaran. KOSONG.

Beruntung jika kamu kembali dari mudik ke Jogja. Karena untuk bertahan hidup di sini, masih banyak makanan yang bisa dibeli dengan harga KURANG DARI 10 RIBUAN.

Tidak ada salahnya pula menjalankan strategi irit makan ala anak kost. Ketika dalam sehari tidak mutlak harus makan 3X. Sesungguhnya makan 2X sehari jika dilakukan pada waktu yang tepat, tidak membuatmu kelaparan. Apalagi belum lama terbiasa puasa Ramadan. Selama tidak berpuasa, waktu makan 2X dapat dilakukan pada waktu Dhuha dan Petang. Dengan makan sehari 2X menggunakan menu makanan di Jogja 10 ribuan, maka biaya makan harianmu maksimal hanya 20 ribu saja perhari.

Berikut beberapa alternatif menu makanan di bawah 10 ribuan yang bisa kamu temukan di penjuru Jogja:

Olive Fried Chicken

Suka makan ayam goreng kriuk ala KFC? Lupakan angan-anganmu bersantap di restoran ayam waralaba itu dan ingatlah lembaran yang tersisa di dompetmu. Tak perlu bersedih karena Jogja punya ayam goreng krispi ala KFC yang bisa dibeli kurang dari 10ribu.

Ya, paket nasi+sayap/paha bawah+es teh di Olive Fried Chicken hanya 8-9Ribu saja!

Ingin daging yang lebih besar? ada Dada lembut yang bisa kamu beli cukup nambah seribu saja.
Hanya dengan kurang dari 10 ribu, kamu sudah bisa makan Nasi, Ayam plus minum.

Rocket Chicken

Iklan ayam pedas Richeese di TV emang ngeselin. Ditambah pas lagi panas-panasan antri lampu merah, ada baliho Chicken Fire Richeese yang merah pedasnya bikin laper. Gak lama kemudian scroll-scroll instastory temen yang ternyata lagi makan Ayam Richeese juga. Sementara budgetmu cuma cukup buat beli Richeese Nabati. Sedih amat.

Tapi tunggu, ada dupe ayam Richeese yang harganya berkali-kali lipat lebih hemat:
Rocket Chicken!

Ya, selain punya menu dan harga yang mirip dengan Olive Chicken, Rocket Chicken juga memiliki menu ayam dengan baluran saos keju dan saos pedas ala Richeese. Rocket Chicken punya seabrek cabang di Jogja, jadi tinggal pilih mana yang terdekat dari tempat tinggalmu.

Penyetan Mas Kobis

Anak kost mana yang gak kenal Mas Kobis? Penyetan ini mengakomodir penggemar pedas dan micin dalam satu paket. Di Penyetan Mas Kobis, kita bisa memilih jumlah cabe yang akan dipenyet bersama lauk pilihan kita. Harganya pun cukup murah, untuk Nasi + Tempe + Telor hanya 8ribu saja. Saya sendiri saat sedang miskin, kadang membeli Nasi Rempelo Ati 10 ribu, tapi lauknya dibagi 2 agar bisa dipakai 2X makan. Makin irit, bukan?

RM. Padang Murah/Murah Meriah

Sedang lapar-laparnya, pengen makan yang banyak dan dapat sayur seabrek? Belokkan langkah kaki mu ke Warung Makan Padang jaringan Padang Murah atau Murah Meriah. Di sini kuantitas porsi besar tirak perlu dibayar dengan harga mahal. Untuk pilihan lauk sepertu Nasi Tempe, Nasi Terong Balado, Nasi Perkedel hingga Nasi Telor, masih dibawah 10ribu semua.

Rumah makan ini biasanya juga menyediakan teko air putih gratis. Jadi kamu tidak perlu keluar uang untuk beli minuman lagi. Porsinya yang besar juga dapat menjaga kadar kenyang dalam perut lebih lama. Untuk makan di tempat, biasanya kamu boleh mengambil nasi dan sayur sendiri. Namun jika dibungkus, ada pegawai warung makan yang siap membungkuskan untuk kamu. Tentunya dengan porsi yang besar juga.

Sop Ayam Pak Min

Ingin makanan hangat dan berkuah? Hampir di setiap sudut Jogja kamu bisa menemukan outletnya. Sop Ayam Pak Min Klaten.

Menunya secara umum memang di atas 10ribu. Tapi jangan khawatir, ada menu Sop Campur yang hanya 7500 saja. Dinamakan Sop Campur maksudnya karena nasi dan sop nya menyatu dalam satu mangkok. Berbeda dengan menu Sop Ayam lainnya yang di atas 10ribuan, karena nasi dan sop nya terpisah. Menu ini cocok untuk sarapan, atau saat tidak enak badan dan butuh kehangatan. Jomlo gitu, kan. #ehgaknyambung

Aneka Warmindo/Warung Burjo

Warmindo atau warung Burjo memang penyelamat anak kost sepanjang masa. Menu favorit saya di sini adalah Nasi Orak Arik, yang sebenarnya Nasi Telor juga, versi telornya digoreng orak-arik. Di banyak Warmindo, menu Nasi Telor berisi Nasi, Sayuran, Telor dan Sambal. Sudah sangat cukup dan lengkap untuk menu makan, bukan? Rata-rata harga Nasi Telur hanya 7-8ribu per porsi. Warmindo biasanya menyediakan air minum gratis. Menariknya lagi, rata-rata warmindo buka 24 jam.

Sayangnya di musim lebaran begini, mayoritas warmindo masih tutup. Rata-rata pemilik dan pengelola warmindo memang memiliki masa mudik yang cukup lama. Tapi tenang saja, setelah kembali dari mudik, Aa dan Teteh Warmindo siap mengamankan laparmu 24/7.

Lotek

Sedang bokek dan miskin tapi ingin makan sehat dan banyak sayuran? Pergilah ke warung-warung Lotek kecil di berbagai penjuru. Lotek menyajikan sayuran yang beragam dan melimpah, dicampur dengan sambal kacang yang baru diulek saat ada pembeli. Seporsi lotek biasanya sudah berisi ketupat, bakwan, seabrek sayuran, dan kerupuk. Kenyang, nikmat, murah. Kebanyakan lotek saat ini dijual 10ribuan, tapi di dekat rel UIN Sunan Kalijaga masih ada yang menjual 8ribu saja.

Sate Kere

Musim liburan tiba-tiba temanmu datang dari luar kota ingin wisata kuliner? perkenalkan dia dengan kuliner murah surga kolesterol otentik Jogja, Sate Kere Pak Mardi di Jl. Godean. Kenikmatan sate dari lemak-lemak sapi ini sepiringnya hanya 7 ribu saja. Bahkan di tengah kemiskinanmu, kamu masih sanggup untuk nraktir.

Belum pernah mencicipi Sate Kere? Buruan selagi memang masih kere.

Pilihan menu-menu di atas tentu sudah akrab di kalangan anak kost atau karyawan bergaji UMK Jogja. Mungkin memang dalam perhitungan UMK, dianggap biaya makan di Jogja 10 ribuan. Jikalau sudah merasa bosan dengan menu-menu 10 ribuan, berarti waktunya bekerja makin giat.

Jangan cuma pura-pura kerja terus!!

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan